Yusra, ST, MT
Muhammad Fikry, ST, MSc

Natural Language Processing

Stemmer ✦ Machine Translation ✦ Chatbot ✦ Speech Processing

Software Engineering

Machine-generated Software Artifacts

art_track

PHP-fy

Bahasa alami (natural language) adalah bahasa yang diucapkan, dituliskan, atau diisyaratkan (secara visual atau isyarat lain) oleh manusia untuk berkomunikasi. Pemrosesan bahasa alami (natural language processing, disingkat NLP) merupakan suatu bidang ilmu komputer mengenai interaksi antara bahasa (alami) manusia dan komputer. Dengan kata lain, NLP berfokus pada penggunaan komputer untuk menganalisa, memahami, dan memaknai arti dari bahasa manusia.

Bahasa Pemrograman PHP terdiri atas fungsi-fungsi inti (core) dan fungsi-fungsi tambahan (extension). PHP Extension merujuk kepada kumpulan fungsi tambahan yang memungkinkan PHP dapat mendukung berbagai fitur baru. Saat ini, bahasa pemrograman PHP belum memiliki fungsi khusus untuk pemrosesan teks dalam bahasa Indonesia. Fungsi khusus tersebut sangat bermanfaat untuk memperoleh informasi dari teks, mengubah teks menjadi data untuk keperluan analisis, melalui penggunaan NLP dan metode analitik.

PHP-fy adalah pustaka (library) kode program PHP untuk pemrosesan teks berbahasa Indonesia dengan menggunakan sejumlah task yang ada di NLP. Task-task tersebut umumnya digunakan pada tahapan praproses teks, seperti tokenisasi, normalisasi, stemming, dan POS tagging. Manfaatnya adalah peneliti tidak perlu lagi berfokus kepada tahapan praproses teks, melainkan dapat berfokus kepada tahapan selanjutnya, misalnya klasifikasi teks dengan menggunakan metode-metode pembelajaran mesin (machine learning). PHP-fy dibuat dengan bahasa pemrograman Zephir dengan pendekatan berorientasi obyek, sehingga tersedia dalam bentuk PHP Extension. PHP-fy dapat digunakan pada sistem operasi Windows, PHP versi 5.5 ke atas dalam bentuk file DLL.

PHP-fy merupakan bagian dari NLP-fy, dimana versi-versi lain yang akan dikembangkan adalah versi PHP Extension untuk sistem operasi Linux dan versi dalam bahasa pemrograman Java dan Python. NLP-fy direncanakan memiliki kemampuan untuk memproses teks berbahasa Indonesia, baik baku maupun tidak baku, serta teks berbahasa daerah di Indonesia.


yusrafikry.com © 2017-2024. All rights reserved.
Email : muhammad.fikry@uin-suska.ac.id
Email : yusra@uin-suska.ac.id